Skip to main content

SPREADSHEET

Spreadsheet adalah aplikasi komputer dengan alat-alat yang meningkatkan produktivitas
penguna dengan menangkap, menganalisis, dan berbagi sel data. Setiap sel berisi teks numerik, nilai numerik, atau formula.


Spreadsheet dikembangkan sebagai simulasi lembar kerja kertas. Mereka meningkatkan produktivitas karena kemampuan mereka untul menghitung ulang seluruh lembaran secara otomatis setelah perubahan sel tunggal dibuat (yang adalah proses manual pada zaman buku besar kertas). Spreadsheet sekarang telah digantikan sistem berbasis kertass di seluruh dunia bisnis, dengan pengecualian yang langka, karena produktivitas yang jauh lebih besar bahwa mereka buat, dan dengan demikian kerugian kompetitif buta huruf spreadsheet. Meskipun mereka pertama kali dikembangkan untuk tugas-tugas akuntansi atau pembukuan, mereka sekarang digunakan secara luas dalam konteks dimana daftar tabular dibangun, disortir, dan berbagi.
Spreadsheet
Sebuah file spreadsheet modern yang terdiri dari beberapa worksheet (biasanya disebut dengan nama lembar lebih pendek) yang membentuk satu workbook, dengan setiap file yang satu workbook. Sebuah sel pada selembar mampu reperensi sel pada lainnya, lembaran yang berbeda, baik didalam buku kerja yang sama atau bukan, dalam beberapa kasus, dibuku kerja yang berbeda .

Spreadsheet berbagi banyak prinsip dan sifat database, spreadsheet, dan database tapi tidak hal yang sama. Sebuah spreadsheet pada dasarnya hanya satu tabel, sedangkan database adalah kumpulan banyak tabel dengan mesin yang dapat dibaca hubungan semantik di antara mereka. Spreadsheet sering diimpor ke database menjadi tabel dalam diri mereka. Meskipun benar bahwa buku kerja yang berisi tiga lembar memang file yang berisi beberapa tabel yang dapat berinteraksi satu sama lain, tidak memiliki struktur relasional database.

Sebuah aplikasi spreadsheet adalah salah satu dari empat atau lima aplikasi komponen utama dari sebuah suite produktivitas kantor (seperti OpenOffice atau Microsoft Office [MSO]). Seperti kelompok suite aplikasi spreadsheet (seperti OpenOffice Calc atau Microsoft Office Excel) dengan pengolah kata, program presentasi, dan sistem manajemen database (dan, opsional, berbagai aplikasi lain) ke dalam stack solusi yang membantu produktivitas perkantoran yang paling bekerja, dari administrasi untuk manajerial.
VisiCalc merupakan program spreadsheet elektronik pertama pada komputer mikro, dan itu membantu mengubah komputer Apple II menjadi sukses dan sangat membantu dalam aplikasi luas mereka. Lotus 1-2-3 spreadsheet adalah terkemuka ketika DOS adalah sistem operasi dominan. Excel kini memiliki pangsa pasar terbesar pada platform Windows dan Macintosh [1] [2]. [3] Sejak munculnya aplikasi web, suite kantor sekarang juga ada di web-app bentuk, dengan Google Docs dan Microsoft Office Web Apps yang pesaing terbesar dalam segmen ini, dan dengan demikian Google spreadsheet sekarang berbagi pasar dengan Excel. Sebagai komputasi awan secara bertahap menggantikan komputer desktop, aplikasi spreadsheet terus menjadi komponen penting bagi pengguna akhir yang khas.



            Lotus 1-2-3 dan lainnya MS-DOS spreadsheet

Penerimaan IBM PC menyusul diperkenalkan pada bulan Agustus 1981, mulai perlahan-lahan, karena sebagian besar program yang tersedia untuk itu adalah terjemahan dari model komputer lainnya. Hal yang berubah secara dramatis dengan memperkenalkan Lotus 1-2-3 pada bulan November 1982, dan rilis untuk dijual di Januari, 1983. Sejak itu ditulis terutama untuk IBM PC, itu memiliki kinerja yang baik [kutipan diperlukan] dan menjadi aplikasi pembunuh untuk PC ini. Lotus 1-2-3 mendorong penjualan PC karena perbaikan dalam kecepatan dan grafis dibandingkan dengan VisiCalc pada Apple II.

Lotus 1-2-3, Quattro beserta pesaing Borland, segera mengungsi VisiCalc. Lotus 1-2-3 dirilis pada tanggal 26 Januari 1983, mulai mengalahkan VisiCalc kemudian-paling-populer tahun yang sama, dan untuk beberapa tahun merupakan program spreadsheet terkemuka untuk DOS.



              Lotus 1-2-3 3.0 for DOS


MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel  adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet  yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

Mengenai sejarah spreadsheet pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dengan sistem MS-DOS mengingat disana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat microsoft memulai pengembangan sebuah program spradsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder,
“do everything 1-2-3 does and do it better/ melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi”.


Microsoft Excel
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak utnuk komputer prubadi yang handal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft harus mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi, Microsoft juga sering menggunakan huruf XL seagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hinga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi defaultnya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan Visicalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft Power Point tuntuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic For Aplications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.


Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.
Versi
Dibawah ini berisi versi-versi Microsoft Excel
Tahun    Versi Excel          Sistem Operasi                 Versi Microsoft Office
1985    Excel 1.0         Apple Macintosh klasik         Tidak ada Microsoft office
1987    Excel 2.0         Microsoft Windows 2.0        Tidak ada
            for windows      
1988    Excel 1.5         Apple Macintosh klasik         Tidak ada
1989    Excel 2.2         Apple Macintosh klasik         Tidak ada

Comments

Popular posts from this blog

Struktur Organisasi

                              STRUKTUR ORGANISASI                          PT. Keripik Singkong Buatan Emak           http://www.milanististreaming.com Pengertian dan Tugas ·          Direktur adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin Perseroan Terbatas (PT). Direktur dapat seseorang yang memiliki perusahaan tersebut atau orang profesional yang ditunjuk oleh pemilik usaha untuk menjalankan dan memimpin perseroan terbatas. Penyebutan direktur dapat bermacam-macam, yaitu dewan manager, dewan gubernur, atau dewan eksekutif. Seorang direktur atau dewan direksi dalam jumlah direktur dalam suatu perusahaan (minimal satu), yang dapat dicalonkan sebagai direktur, dan cara pemilihan direktur ditetapkan dalam anggaran dasar perusahaan. Pada umumnya direktur memiliki tugas antara lain: Memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan Memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer) Menyetujui anggaran tahunan

ZAKAT

Nisab emas-perak dan zakatnyaa Emas dan Perak wajib dizakati apabila yang bersihnya cukup satu nisab. -         Nisab emas 20 misqal, berat timbangannya 93,6 gram; zakatnya 1/40 (  2 1/2% = ½ misqal = 2,125  gr ). -           Nisab Perak 200 dirham (624 gram), zakatnya 1/40 ( 2 1/2%) = 5 dirham (15,6 gram) Sabda Rasulullah Saw : عن على بن الب قا ل ر سو ل الله صلى الله عليه و سلم ا ز اكا نت  لك ماءتا د ر هم وحا ل عليها ا لحو ل ففيها خمسه د ر ا هم و ليس عليك شي ء يعنى فا ا لز هب حتى يكو ن لك عشر و ن د ينا رافا زا  كا نت لك عشرون ز ينا را و حا ل عليها الحو ل ففيها نصف دينا ر Dari Ali bin Abu Thalib. Rasululah Saw bersabda, “apabila engkau mempunyai dua ratus dirham dan telah cukup satu tahun, maka zakatnya lima dirham, dan tidak wajib atasmu zakat emas hingga engkau mempunyai dua puluh dinar. Apabila engkau mempunyai dua puluh dirham dan telah cukup satu tahun, maka wajib zakat padanya setengah dinar,” (Riwayat Abu Dawud) Penjelasan timbangan dirham

PERAN PENTING MANAJEMEN BAGI KEHIDUPAN

A. Definisi Manajemen     Definisi Manajemen menurut kamus besar bahasa indonesia adalah Penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran atau pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan atau organisasi. http://www.milanististreaming.com B. Sejarah Manajemen   Mengenai sejarah manajemen Sebenarnya Ilmu Manajemen sama usianya dengan kehidupan manusia, karena pada dasarnya dalam kehidupan sehari-harinya kita tidak terlepas dari prinsip-prinsip Manajemen. Baik yang disadari atau yang  tidak disadari pada dasarnya manusia menggunakan prinsip-prinsip dari Manajemen. Manajemen diperlukan dalam segala bidang, bentuk dan organisasi serta tipe kegiatan, tidak hanya digunakan di suatu Perusahaan saja atau di Pemerintahan ,dimana orang-orang saling bekerja sama  untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. C. Fungsi  Adapun dibawah  ini lima fungsi manajemen yang paling penting menurut Handoko yg berasal dari klasifikasi paling awal dari f