Skip to main content

ZAKAT

  • Nisab emas-perak dan zakatnyaa

Emas dan Perak wajib dizakati apabila yang bersihnya cukup satu nisab.
-        Nisab emas 20 misqal, berat timbangannya 93,6 gram; zakatnya 1/40 (  2 1/2% = ½ misqal = 2,125  gr ).
-          Nisab Perak 200 dirham (624 gram), zakatnya 1/40 ( 2 1/2%) = 5 dirham (15,6 gram)

Sabda Rasulullah Saw :

عن على بن الب قا ل ر سو ل الله صلى الله عليه و سلم ا ز اكا نت

 لك ماءتا د ر هم وحا ل عليها ا لحو ل ففيها خمسه د ر ا هم و ليس

عليك شي ء يعنى فا ا لز هب حتى يكو ن لك عشر و ن د ينا رافا زا

 كا نت لك عشرون ز ينا را و حا ل عليها الحو ل ففيها نصف دينا ر

Dari Ali bin Abu Thalib. Rasululah Saw bersabda, “apabila engkau mempunyai dua ratus dirham dan telah cukup satu tahun, maka zakatnya lima dirham, dan tidak wajib atasmu zakat emas hingga engkau mempunyai dua puluh dinar. Apabila engkau mempunyai dua puluh dirham dan telah cukup satu tahun, maka wajib zakat padanya setengah dinar,” (Riwayat Abu Dawud)

Penjelasan timbangan dirham
Perbandingan timbangan dirham dengan gram diambil dari ukuran timbangan yang dipakai disekolah-sekolah di Mesir.

Penjelasannya
1 dirham = 3,12 gram
200 dirham = 200 x 3,12 gram = 624 gram
Diambil ukuran timbangan, karena dirham itu dalam bahasa Arab adalah nama bagi ukuran timbangan.
            Kalau seorang Arab berkata, “ Saya telah membeli obat sebanyak 1 dirham,” artinya dia sudah membeli obat yang timbangannya 1 dirham (3,12 gram). Persamaan harga tidak tetap, pertukaran uang satu negeri dengan negeri lain tidak tetap, naik turun menurut perubahan waktu.
            Perak yang lebih dari 200 dirham dan emas yang lebih dari 20 misqal wajib dihitung zakatnya menurut ukuran tersebut, yaitu 1/40 ( 2 1/2%).

Pakaian
Pakaian yang sifatnya mubah, seperti emas perhiasan perempuan, apakah wajib dizakati atau tidak ? Dalam hal ini ada dua pendapat ulama fiqh. Pendapat pertama mengatakan tidak wajib, karena perhiasan itu sama dengan sapi yang dipakai bekerja. Pendapat ini dikuatkan oleh mazhab Syafi’i. Menurut pendapat kedua, bahkan zakatnya wajib dibayar, walaupun belum satu tahun dan tidak sampai satu nisab. Zakatnya dibayar satu kali saja.

Zakat piutang
Orang yang mempunyai piutang banyaknya sampai satu nisab dan masanya telah sampai satu tahun serta mencukupi syarat-syarat yang mewajibkan zakat, juga keadaan piutang itu tetap, baik piutang itu dari jenis emas atau perak maupun harta perniagaan. Piutang yang seperti itu wajib dizakati dan wajib mengeluarkan zakatnya bila mungkin membayarnya.
Penjelasan
Kalau yang berutang itu kaya, dapat membayar sekiranya yang berpiutang minta dibayar, maka yang berpiutang wajib membayar zakatnya ketika itu. Tetapi kalau berpiutang miskin, belum dapat membayar, maka zakatnya tidak wajib dibayar ketika itu, hanya wajib dibayar sewaktu ia sudah dapat membayar, walaupun untuk beberapa tahun (beberapa kali bayaran).
Zakat uang kertas
Uang kertas itu adalah sebagai tanda bahwa yang memegangnya berhak atas emas dan perak sebanyak angkanya, tetapi sekarang uang kertas sudah laku dipasar-pasar sebagaimana emas dan perak. Dapat dibelikan pada apapun dann boleh ditukar dengan perak disembarang waktu dan tempat dengan cepat. Oleh karena itu, uang kertas wajib dizakati apbila mencukupi syarat-syarat wajib zakat sebagai yang telah diterangkan. Dalm praktiknya, emas dan perak sekarang sudah amat sedikit ditangan orang banyak karena emas dan perak itu sudah dikuasai oleh bank (negara) diselurh dunia, sedangkan segala keperluan dapat dijalankam dengan uang kertas saja. Maka kalau tidak diwajibkan zakat pada uang kertas, sudah tentu akibatnya akan mengurangi hak fakir miskin, bahkan  boleh jadi beberapa hari lagi akan hilang sama sekali bila uang emas dan perak terus-menerus dikuasai oleh bank dan pemerintah, seangkan zakat itu disyariatkan guna menolong mereka yang berhak menerima zakat, agar mereka dapat pula menjalankan kewajiban meraka kepada Allah dan kepada masyarakat.


  • Nisab biji dan buah-buahan
Nisab biji makanan yang mengenyangkan dan buah-buahan adalah 300 sa’ (lebih kurang 930 liter) bersih dari kulitnya.
Sabda Rasulullah Saw :
ليس فئ حب ولا تمر صد قه حتى يبلغ خمسه اوسق . رواه مسلم.
“Tidak ada sedekah (zakat) pada biji dan buah-buahan sehingga
Mencapai lima wasaq.” (Riwayat Muslim)


عن ا بى سعيد ان النبى صلئ الله عليه وسلم قا ل : الو سق ستو ن صاعا.
Dari Abu Sa’id. Sesungguhnya Nabi Saw. Berkata, “Satu wasaq enam puluh sa’.” (Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah)
1 wasaq = 60 sa’.
5 wasaq = 5 x 60 sa’. = 300 sa’.
1 sa’ = 3,1 liter. (Lihat kamus Arabic English Lexicon)
Jadi , 300 x 3,1 = 930 liter 9satu nisab).
Zakatnya, kalau yang diairi dengan air sungai atau air hujan adalah 1/10 (10%). Tetapi kalau diairi dengan air kincir yang ditarik oleh binatang, atau disiram dengan alat yang memakai biaya, zakatnya adlah  1/20 (5%).


Sabda Rasulullah Saw .:

عن جا بر عن النبى صلى الله عليه وسلم قا ل : فيما سقت الا نها روالغيم
العشورفيماسقى با لسا نيه نصف العشر. رواه أحمد ومسام والنسا ى
Jabir telah menceritakan hadist berikut yang ia terima langsung dari Nabi Saw , yang telah bersabda, “Pada biji yang dialiri dengan air sungai dan hujan, zakatnya sepersepuluh; dan yang telah dialiri dengan kincir ditarik oleh binatang, zakatnya seperdua puluh.” (Riwayat Ahmad, Muslim, dan Nasai)


عن ابن عمران النبى صلى الله عليه وسلم قا ل فيما سقت السعا ء والعيون اوكان عثر يا العشر وفيما سقى با لنضح نصف العشر.
 رواه الجما عه الا مسلم
Dari Ibnu Umar, “Sesungguhnya Rasulullah Saw telah bersabda, ‘Pada biji yang diairi dengan hujan dan mata air atau yang mengisap dengan akarnya, zakatnya sepersepuluh; dan yang diairi denga kincir, seperdua puluh’.” (Riwayat Jama’ah, kecuali Muslim)
Selebihnya dari satu nisab (300 sa’) dihitung zakatnya menurut perbandingan yang tersebut diatas (10% atau 5%).
            Mulai wajib zakat biji dan buah-buahan ialah bila sudah dimiliki,yaitu dari sesudah masak. Zakat itu wajib dikeluarkan tunai apabila sudahh terkumpul, dan yang menerimanya sudah ada.

Peringatan
Biaya mengurus biji dan buah-buahan, misalnya biaya mengetam, mengeringkan, membersihkan, membawanya, dan sebagainya, semua itu wajib dipikul oleh yang punya (pemilik); berarti tidak mengurangkan hitungan zakatnya.

Hasil tambang
Hasil tambang emas dan hasil tambang perak, apabila sampai satu nisab, wajib dikeluarkan zakatnya pada waktu itu juga dengan tidak disyaratkan sampai satu tahun, seperti pada biji-bijian dan buah-buahan. Zakatnya adalah 1/40 (2 ½ %).

 ان رسو ل الله صلى الله عليه وسلم اخزمن المعا د ن القبليه الصد قه
“Bahwasanya Rasulullah Saw, telah mengambil sedekah (zakatnya) dari hasil tambang di negeri Qabaliyah.” (Riwayat Abu Dawud dan Hakim)

Sabda Rasulullah Saw.:
فىى الرقه ربع العشر . رواه البخا ر
“Pada emas-perak, zakat keduanya seperempat puluh (2 ½ %).”
(Riwayat Bukhari)


Zakat rikaz (harta terpendam)
 Rikaz adalah emas atau perak yang ditanam oleh kaum jahiliyah (sebelum islam). Apabila kita mendapat emas dan perak yang ditanam oleh kaum jahiliyah itu, wajib kita keluarkan zakat sebanyak 1/5 (20%).

عن ا ىب هر يره قا ل رسو ل الله صلى الله عليه وسلم وف الر كا زالخمس.
رواه الجخا رى و مسلم
Dari Abu Hurairah, “Rasululah Saw telah berkata, ‘Zakat rikaz seperlima’.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
Rikaz tidak disyaratkan sampai satu tahun. Tetapi apabila didapat, wajib dikeluarkan zakatnya pada waktu itu juga, seperti zakat hasil tambang emas-perak.
            Adapaun nisabnya, sebahagian ulama berpendapat bahwa disyaratkan sampai satu nisab. Pendapat ini menurut mazhab syafi’i. Menurut pendapat yang lain, seperti pendapat Imam Maliki, Imam Abu Hanifah serta Imam Ahmad dan pengikut-pengikut mereka, nisab itu tidak menjadi syarat.
            Rikaz itu menjadi kepunyaan yang mendapatkannya, dan ia wajib membayar zakat apabila didapat dari tanah yang tidak dipunyai orang. Tetapi kalau didapat dari tanah yang punya orang, maka perlu ditanyakan kepada semua orang yang telah meiliki tamah itu. Kalau tidak ada yang mengakuinya, maka Rikaz itu kepunyaan yang membuka tanah itu.
Zakat Fitrah

 Pada setiap Hari Raya Idul Fitri, setiap orang Islam, laki-laki dan perempuan, besar kecil,merdeka atau hamba, diwajibkan membayarkan fitrah sebanyak 3,1 liter dari makanan yang menyenangkan menurut tiap-tiap tempat  (negeri).

عن ابن عمر قا ل فرض رسو ك الله صلى الله عليه وسلم ز كا ه الفطر من
رمضا ن على النا س صا عا من تمر اوصا عا من شعير على كل حراوعبد زكراوانثى من المسلمين

Dari Ibnuu Umar. Ia berkata, “Rasulullah Saw mewajibkan zakat fitri (berbuka) bulan Ramadhan sebanyak sa’ (3,1 liter) kurma atau gandum atas setiap-tiap orang muslim merdeka atau hamba, laki-laki atau perempuan.” (Riwayat Bukhari dan Muslim).


 عن ابى سعيد قا ل كانا نخر ج ز كا ه الفطر صا عا من طعا م اوصا عا من شعيراوصا عا من تمر اوصا عا من اقط اوصا عا من زبيب

Dari Abu Sa’id. Ia berkata, “Kami mengeluarkan zakat fitrah satu sa’ dari makanan, gandum, kurma, susu kering, atau anggur kering.” (Diketengahkan oleh Bukhari dan Muslim)

Dengan dua hadits ini jelaslah bahwa yang dimaksudkan oleh Rasulullah Saw ,. Banyaknya fitrah itu ialah satu sa’, sedangkan sa’ menurut arti bahasa Arab adalah nama ukuran sukatan (takaran).

Comments

Popular posts from this blog

Struktur Organisasi

                              STRUKTUR ORGANISASI                          PT. Keripik Singkong Buatan Emak           http://www.milanististreaming.com Pengertian dan Tugas ·          Direktur adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin Perseroan Terbatas (PT). Direktur dapat seseorang yang memiliki perusahaan tersebut atau orang profesional yang ditunjuk oleh pemilik usaha untuk menjalankan dan memimpin perseroan terbatas. Penyebutan direktur dapat bermacam-macam, yaitu dewan manager, dewan gubernur, atau dewan eksekutif. Seorang direktur atau dewan direksi dalam jumlah direktur dalam suatu perusahaan (minimal satu), yang dapat dicalonkan sebagai direktur, dan cara pemilihan direktur ditetapkan dalam anggaran dasar perusahaan. Pada umumnya direktur memiliki tugas antara lain: Memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan Memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer) Menyetujui anggaran tahunan

PERAN PENTING MANAJEMEN BAGI KEHIDUPAN

A. Definisi Manajemen     Definisi Manajemen menurut kamus besar bahasa indonesia adalah Penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran atau pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan atau organisasi. http://www.milanististreaming.com B. Sejarah Manajemen   Mengenai sejarah manajemen Sebenarnya Ilmu Manajemen sama usianya dengan kehidupan manusia, karena pada dasarnya dalam kehidupan sehari-harinya kita tidak terlepas dari prinsip-prinsip Manajemen. Baik yang disadari atau yang  tidak disadari pada dasarnya manusia menggunakan prinsip-prinsip dari Manajemen. Manajemen diperlukan dalam segala bidang, bentuk dan organisasi serta tipe kegiatan, tidak hanya digunakan di suatu Perusahaan saja atau di Pemerintahan ,dimana orang-orang saling bekerja sama  untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. C. Fungsi  Adapun dibawah  ini lima fungsi manajemen yang paling penting menurut Handoko yg berasal dari klasifikasi paling awal dari f