CARA
GAMPANG BIKIN STANDARD OPERATING PROCEDURE
HUKUM KUALITAS
HUKUM PENJUALAN BERULANG
Dasar - Dasar Membuat SOP
Alur kerjanya:
1.Ayam di cuci bersih
2.Ayam di rendam dalam larutan bumbu.
3Ayam di goring.
4.Ayam goring ditiriskan.
5.Ayam goring siap saji.
Menentukan jenis pekerjaan & alur kerjanya
jenis pekrejaan: membuat sarana promosi brosur.
Alur kerjanya:
1. Menetapkan materi promo yang akan di masukan brosur.
2, Medesain brosur.
3. Meminta persetujuan atasan/principa
4. Mencetak brosur.
5. Menyebarkan brosur.
Menentukan jenis pekerjaan &alur kerjanya.
jenis pekerjaan: transaksi antara kasir dengan konsumen/pelanggan.
Alur kerjanya:
1. Konsumen/pelanggan mendatangi kasir untuk membayar transaksi.
2. Kasir menghitung biaya yang harus di bayar konsumen/pelanggan berdasarkan nota order.
3. Kasir memberitahukan nilai yang harus di bayarkan kepada konsumen/pelanggan.
4. Konsumen/pelanggan membayar dengan uang tunai dan kasir menerima.
5. Kasir membubuhkan cap lunas pada nota danmenyerahkan nota kepada konsumen/pelanggan.
#
Keuntungan Menjalankan Usaha Bersistem
1.Lebih
Rapi
Usaha bersistem lebih rapih segala-galanya. Coba
lihat dan bandingkan warung kelontong dengan jaringan minimarket waralaba. Apa
yang kita lihat ?
Kita
akan melihat perbedaan yang sangat mencolok. Pada usaha konvensional
(tradisional), tidak ada unsur kerapihan. Kalau pun ada, itu adalah versi
pemiliknya yang belum tentu menarik calon konsumen.
Sedangkan pada minimarket waralaba,kita akan mendapati tempat yang bersih, rapi, dan harum. Selain itu ada kemudahan mendapatkan barang dan kemudahan transaksi yang menjadi dambaan semua konsumen.
Ad
Sedangkan pada minimarket waralaba,kita akan mendapati tempat yang bersih, rapi, dan harum. Selain itu ada kemudahan mendapatkan barang dan kemudahan transaksi yang menjadi dambaan semua konsumen.
Banyak
orang yang sudah terjun di dunia usaha untuk mencari nafkah, orientasinya hanya
mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Saat kita hanya berorientasi pada
hal ini, maka pikiran kita hanya terpaku disitu. Kita melupakan pelajaran dasar
itu.jika kelalaian dimanfaatkan pesaing dengan mudah. Maka kita akan kalah
dalam hal kualitas. Padahal membentuk kualitas itu membutuhkan waktu yang
panjang. Kekalahan satu hari bisa membuat kita harus menebusnya selama
bertahun-tahun untuk mencapai kualitas yang sama. Hal ini sama seperti yang
diungkapkan Hukum Kualitas
HUKUM KUALITAS
Barang siapa bekerja
terus-menerus untuk melahirkan sesuatu yang terbaik, ia telah memperbaiki
kualitasnya setiap saat. Barang siapa kalah dalam kualitas, ia harus bekerja
keras selama bertahun-tahun hanya untuk mencapai kualitas yang sama.
(Ekotama,28
Desember 2009)
Jadi, kerapihan itu
adalah bagian dari kualitas usaha kita. Yang dimaksud rapi adalah rapi mulai
daari pruduk dan kemasan, distribusi,
display/ tempat jualan, personel dan adrimistrasi.
2.
Lebih Efisien
Usaha yang bersistem
itu pasti lebih efisien dibandingkan usaha biasa yang kita kelola apa adanya.
Efisien membantu menumbuhkan keuntungan kita secara bertahap. Bayangkan jika
kita mengelola usaha yang semrawut. Lebih mudah mengelola yang mana?
Jika dibuat dengan sungguh-sungguh,
sistem operasional yang itu bisa meningkatkan efisien usaha. Buk ini akan
menuntun kita mengenali sistem operasional usaha dan memberikan sedikit wawasan
untuk menyusun sistem operasional usaha dan memberikan sedikit wawasan untuk
menyusun sistem yang menguntungkan usaha kita.
3.
Lebih Kompetitif
Oleh karena rapi,
efisien, dan berkualitas baik, usaha bersistem selalu lebih kompetitif
dibandingkan usaha konvensional. Yang dimaksud lebih kompetitif adalah jauh
lebih mampu memenangkan persaingan dibandingkan pelaku usaha lainnya. Tertarik
? pasti.
Siapapun yang memiliki
usaha pasti ingin selalu memenangkan persaingan. Jadi, pertanyaannya: apakah
bersaing itu sulit? Lihat saja kehadiran minimarket atau supermarket yang
sekejap mata bisa menarik para konsumen untuk berbelanja dan membuat mereka
lupa terhadap toko kelontong langganannya.
Cermatilah Hukum
kompetisi yang sehat berikut ini :
HUKUM KOMPETISI YANG SEHAT
Barangsiapa
menjatuhkan pesaingannya dengan segala upaya, ia sedang berperang yang dapat
menyedot anggaran belanja.
Barangsiapa
berkompetisi, ia memiliki keunggulan yang sulit ditandingi pesaingannya dan mendatangkan lebih banyak
uang bagi dirinya dan lingkungannya.
(Ekotama,28
Desember 2009)
Jadi, hati-hati dengan
kompetisi. Banyak orang terjebak untuk mengalahkan pesaing. Tujuannya adalah
meniadakan persaingan.
Betulkah demikian? Yang
jelas, upaya seperti ini hanya akan menggerogoti anggaran. Kita hanya membuang-buang
waktu untuk mengurusi orang lain (pesaing kita).
4.
Menjadi Magnet, Potensi Untung Lebih Besar
Saya yakin kita akan menjawab lebih
suka makan ditempat yang bersih dan higienis. Kita juga lebih suka berbelanja
di tempat belanja yang memudahkan kita memperoleh barang. Jika demikian, lantas
mengapa kita masih memiliki tempat usaha yang jorok atau menyulitkan pelanggan
memperoleh barang yang diinginkan?
Coba cermati Hukum
Magnet Usaha berikut ini:
HUKUM MAGNET
USAHA
Barangsiapa mampu menyajikan yang
terbaik, maka konsumen akan mendatanginya dangan sukarela.
Barangsiapa tidak sungguh-sungguh
menyajikan yang terbaik, maka upayanya memaksa konsumen mendatngi hanyalah
mimpi belaka.
(Ekotama,28
Desember 2009)
.
HUKUM
DAYA TARIK BISNIS
Iklan
bukanlah magnet yang dapat menarik konsumen untuk berbelanja sepanjang masa.
Konsumen bersedia berbelanja ditempat usaha kita karena tempat usaha itu dan
produknya.
(Ekotama,28
Desember 2009)
5.
Mampu Menciptakan Repeat Order Berkelanjutan
Coba cermati Hukum
Ketergantungan Konsumen berikut ini:
HUKUM
KETERGANTUNGAN KONSUMEN
Jika seseorang
jatuh hati, apapun yang tampak akan selalu indah dimatanya.
Barangsiapa
cerdas, ia akan membuat konsumen jatuh hati kepadanya hingga rela menghamburkan
harta untuknya.
(Ekotama,28
Desember 2009)
Inilah yang sering
tidak dipahami para pengusaha konvensional. Mereka hanya berfokus pada
pelayanan konsumen sehingga mengabaikan pengelolaan konsumen yang berpotensi
menjadi pelanggan.
HUKUM PENJUALAN BERULANG
Ketika konsumen datang pertama kali, ia telah menaruh hati kepada
anda. Ketika konsumen datang kedua kali, ia telah jatuh cinta kepada anda.
Jika Anda tidak bicara, maka cintany bertepuk sebelah tangan dan
konsumen akan datang kepada pesaing yang mau menerima cintanya.
Pengusaha yang baik mengucapkan ikrar setia kepada pelanggannya
sepanjang hidupnya.
(Ekotama,28
Desember 2009)
Oleh karna itu, siapapun
yang memiliki sistem pengelolaan pelanggan, ia akan menghadirkan repeat order sepanjang siklus bisnisnya.
Sulitkah membuat sistem ini? Kesulitan hanyalah milik orang yang malas daan
tidak memiliki masa depan.
6.
Memudahkan Pengembangan Usaha
Dari contoh ayam goreng
Indonesia versus ayam goreng Amerika dan warung kelontong versus
minimarket,kita tentu akan mudah menangkap pesan ini. Mengapa ayam goreng
Ammerika dan minimarket modern itu mudah
berkembang disegala pelosoknegeri ini, sedangkan ayam goreng Indonesia dan
warung kelontong selama bertahun-tahun hanya bisa berdiri di satu tempat ?
Ayam goreng Amerika bisa menjelajahi
dunia karena sistem bisnis, demikian pula minimarket modern yang mampu membuka
ribuan gerai di seluruh pelosok nusantara. Jadi, apakah kita masih iri hati
jika belum memiliki sistem bisnis secanggih mereka?
Bisnis yang memiliki sistem yang baik
sangat mudah dikembangkan . Mengapa demikian?Sebab sistem itu bisa menumbuhkan
bisnis dimana-mana, sedangkan bisnis konvensional tergantung dengan one man show pemiliknya.
Percayakah anda bahwa
investor lebih percaya kepada sistem daripada kita? Jangan salah sangka.
Sebarapa pun terkenalnya kita, jika kita tidak memiliki sistem operasional
bisnis, bisnis yang kita jalankan seperti mobil tanpa mesin yang ditawarkan
kepada pembeli dengan harapan ada yang mau beli dengan harga normal. Coba
cermati Hukum Kehati-hatian Investasi berikut ini:
HUKUM
KEHATI-HATIAN INVESTASI
Brang siapa percaya pada lidah
tak bertulang, investasinya tidak pernah kmbali. Barangsiapa percaya pada
sistem bisnis yang menguntungkan, nilai investasinya akan berlipat ganda sesuai
harpannya.
(Ekotama,28
Desember 2009)
Coba bandingkan:
Mengapa orang yang sukarela membeli waralaba KFC atau minimarket yang harganya
mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah? Sebegitu mudahnya mereka
mengeluarkan uang? Sebenarnya tidak, tetaoi investor percaya kepada sistem
bisnisnya. Sistem bisnis inilah yang menjamin bahwa usaha itu bisa mendatangkan
keuntungan terus-menerus sehingga biaya investasi yang sudah dikeluarkan bisa
kembali dalam waktu singkat. Masihkah kita ragu bahwa sistem bisnis bisa
memudahkan pengembangann usaha kita?
7.
Memberikan Lompatan Kejayaan bagi Pemiliknya
Para pengusaha yang sudah mengalami
lompatan kejayaan ini hidupnya jauh lebih sejahtera ketimbang rekan-rekannya
yang masih setia berbisnis kenvensional. Banyak yang menjadi sosok penting
karena pendapatannya didengarkan oleh para pengambil kebijakan publik. Para
pengusaha seperti inilah yang bisa mengubah wajah Indonesia sehingga anak cucu
kita pun akan bangga menatapnya.
Jika sistem bisnis itu mampu
memberikan lompatan kejayaan kepada kita, apakah kita hanya akan berpaku tangan
sekarang?
Membangun sistem bisnis
sama capeknya dengan membangun bisnis itu sendiri. Namun, hasil yang akan kita
peroleh jauh lebih manis. Apakah tujuan hidup kita? Apakah kita bercita-cita
untuk meninggal dunia ditempat usaha kita yang reot dan tidak memberikan
sumbangan apapun terhadap negara ini? Ataukah kita bercita-cita untuk menatap
bendera usaha berkibar-kibar sampai dinegeri tetangga? Jika kita memilih
pilihan terakhir, segera siapkan kertas untuk memulai membuat sistem bisnis.***
#
Pentingnya SOP untuk Pengembangan Usaha
- Apakah yang dimaksud SOP ?
SOP (Standard Operating
Procedure) atau yang diterjemahkan menjadi PSO(Prosedur Standar Operasi) adalah
sistem yang disusun untuk memudahkan, merapihkan, dan menertibkan pekerjaan
kita. Sistem ini berisi urutan proses melakukan
pekerjaan dari awal sampai akhir. Hampir semua bisnis dijalankan secara
modern memiliki SOP. Bahkan SOP juga diberikan kepada para konsumen yang
membeli produk tertentu supaya tidak salah mengolah.
Lihatlah contoh SOP cara menyajikan mie
rebus atau mie goreng pada produk indomie yang tercetak dikemasan bagian
belakang itulah yang disebut SOP. Simple kan?
Jadi, SOP memang diibuat untuk
menyederhanakan proses kerja supaya hasilnya optimal tetapi tetap efisien.
Dalam pemerintahan juga terdapat SOP. Namun SOP ini sering dikacaukan dengan
prosedur birokrasi yang membuat urusan menjadi rumit, alurnya sangat panjang,
dan akhirnya membuka peluang korupsi.
Nah, kita pilih SOP atau prosedur
birokrasi? Keduanya seperti saudara kembar. Satu sangat efisien daan dapat
menyumbangkan keuntungan bagi perusahaan, sedangkan yang lain cenderung
inefisien dan membuka peluang ekonomi biaya tinggi.
Oleh karena itu, acuan saya untuk membuat
SOP adalah sederhana Saran Penyajian Indomie atau Super Bubur. Anda setuju?
Jika Anda setuju,
teruskan membaca bagian selannjutnya.
HUKUM MEMBUAT SOP
Barangsiapa
menyusun SOP(standard Operating Procedure), maka ia membuat bisnisnya efisien
dan berpotensi menyumbangkan keuntungan. Barangsiapa menyusun prosedur
birokrasi, maka ia melahirkan inefisiensi, alurnya rumit, dan menyebabkan
ekonomi biaya tinggi.
(Ekotama,28
Desember 2009)
- Apakah Tujuan Membuat SOP?
Tujuan membuat SOP adalah
menyederhanakan pekerjaan kita supaya hanya berfokus pada intinya. Tetapi cepat
dan tepat. Dengan cara ini, keuntungan mudah diraih, pemborosan diminimalisasi,
dan kebocoran keuangan bisa dicegah. Perusahaan yang ramping, tetapi semua
pekerjaan bisa di selesaikan tepat waktu adalah perusahaan yang kompetitif.
Jika kita pengusaha, ana yang kita
pilih? Bekerja sampai tua ditempat usaha kitayang reot atau berkeliling dunia,
tetapi usaha kita tetap berjalan sempurna? Saya yakin kita dengan bijak memilih
pilihan terakhir. Mari kita buat SOPnya!
- Kapan SOP Dibuat ?
Kita baru bisa membuat
SOP kalau usahanya sudah jalan atau setidaknya kita memiliki prototipe
bisnisnya (contoh usaha yang sudah berjalan). Jika usaha belum berjalan sama
sekali, bahkan tempat usahanya belum ada, SOP yang kita buat bisa jadi hanya
novel picisan. Tidak ada gunanya. Berhati-hatilah jika ditawari usaha yang
belum berjalan meskipun sudah ad SOP-nya. Maksudnya sudah jlan adalah usaha tersebut
sudah memiliki satu atau dua tempat usaha yang beroperasional mandiri dan bisa
diibuktikan secara kasat mata. Kecuali jika Anda memang berniat membeli sebuah
konsep bisnis.
- Siapa yang Membuat SOP?
SOP sifatnya
individual, sangat privat. Jika Anda meminta saya menunjukan contoh SOP yang
pernah saya buat, mungkin saya malah tidak akan pernah menunjukkannya. Dijamin
Anda justru bingung, sebab SOP-SOP itu hanya bisa dipahami dan diterapkan
perusahaan-perusahaan pemiliknya. Tentu tidak pas untuk usaha anda, bukan?
Oleh karena iitu, saya
selalu menyarankan kepada para pembaca buku saya supaya membuat SOP sendiri,
sesuai situasi dan kondisi perusahaan. Tulis saja semua proses kerja dari A-Z. Setelah itu baru dievaluasi.
Proses kerja yanng tidak perlu dihapus. Proses kerja yang terlalu panjang
dipendekkan. Proses kerja yang sangat vital, tetapi belum ada perlu
ditambahkan, dan seterusnnya.
Proses ini membutuhkan keuletan,
ketekunan, dan kesabaran. Prosesnya sama dengan membangun bisnis itu. Jika
sudah memiliki keuletan, ketekunan, dan kesabaran untuk membangun bisnis, saya yakin kita juga memiliki hal
yang sama untuk menyusun SOP usaha kita.
- Berapa Waktu yang Dibutuhkan untuk Menyusun SOP?
Untuk sebuah SOP
lengkap mulai dari produk dan distribusi, promosi – pemasaran – penjualan,
akuntansi – keuangan – pajak, SDM & pengembangannya, pengelolaan pelanggan,
operasional usaha sampai pembukaan/penutupan usaha, dibutuhkan waktu 3 bulan.
Waktu itu bisa dipersingkat menjadi 1 bulan, tergantung jenis usaha dan kompleksitas
pekerjaan pada usaha anda. Semakin komplek usaha kita, semakin sulit dan
semakin lama pembuatan SOP-nya.
- Mengapa SOP Mahal Harganya?
Jika SOP mengandung proses kerja yang
sifatnya rahasia dalam bidang produksi,metode pengolahan, metode penjualan atau
informasi lain dibidang teknologi atau bisnis yang memiliki nilai ekonomi dan
tidak diketahui oleh masyarakat umum, maka itu bisa didaftarkan di Ditjen HAKI
Depkumham untuk mendappatkan hak rahsia dagang.
Catatan:
1.
Seyogianya kita membuat dua jenis SOP
sekaligus. Satu SOP yang bersifat umun, dapat dibaca semua orang dan satu lagi
bersifat rahasia yang hanya dapat dibaca oleh orang-orang tertentu di
perusahaan. Ingat, hak atas Rahasia Dagang tetap berlaku sepanjang informasi rahasia tersebut tetap kita jaga.
2.
Jika kita ingin menghemat anggaran,
susunlah SOP sendiri. Ikuti panduannya dlam buku ini. Rasakan nikmatnya
memiliki hak cipta atau rahasia dagang yang akan mengalirkan rezeki.
Usaha apa saja yang Memerlukan SOP
?
Semua
jenis usaha sebenarnya memerlukan SOP, Indomie dan Super Bubur saja bikin SOP
untuk para pelanggannya, mengapa usaha kita tidak punya SOP sama sekali?
Jika kita memiliki bisnis konvensional dan
hanya akan dikelola sebagai bisnis konvensional, seyogianya kita tetap membuuat
SOP, agar ketika kita sakit ataupun berhalangan, usaha tetap berjalan.
Jika kita memiliki usaha yang akan
dikembangkan dengan sistem kemitraan dengan investor atau dengan sistem franchise diwajibkan oleh undang-undang
sehingga tidak bisa ditawar lagi. Sebelumnya juga sudah dijelaskan pentingnya
sistem bisnis bagi kepercayaan investor.
Bagaimana
Memanfaatkan SOP?
SOP
digunakan
untuk mengelola usaha yang akan kita kembangkan dengan menggandeng investor
atau bekerjasama dengan orang lain. Usaha seperti ini bisa dikategorikan dalam
3 jenis, yakni:
1. Bisnis Konvensional
2. Business
Opportunity(Peluang Bisnis)
3.Bisnis Franchise
*SOP untuk bisnis konvensional
Yang dimaksud bisnis
konvensional adalah bisnis biasa yang kita jalankan.
Oleh karena itu, kita
buat SOP-nya agar usaha itu bisa berjalan tanpa kehadiran kita dan tetap
menghasilkan. Jadi, jika Anda memiliki usaha sekecil apapun, buatlah SOPnya.
Jangan sampai membuat kita terjebak dalam usaha kita. Biarkan SOPnya yang
mengoperasikan usaha kita. Jika suatu saat kita ingin menjual usaha ini kepada
orang lain dengan berbagai alasan, harganya tentu jauh lebih mahal daripada
harga usaha biasa yang masih bergantung kepada kita.
·
SOP untuk Business Opportunity(Peluang
Bisnis)
Kita
pasti perlu pengembangan usaha. Jika kita membuat cabang diluar kota, biayanya
tentu sangat mahal. Supaya murah kita perlu uang dari investor. Untuk
mendapatkannya, kita harus membuat bisnis kita menarik dimata investor. Salah
satunya adalah membuat bisnis kita bisa beroperasi tanpa kehadiran kita. Ini
berarti kita harus menyusun SOP yang menjadi tulang punggung biisnis kita.
·
SOP untuk Bisnis Franchise
Jika
dalam Business Opportunity tidak ada kewajiban membuat SOP(SOP sifatnya
dianjurkan, tidakk diwajibkan), maka dalam Bisnis Franchise kita wajib membuat
SOP. Kewajiban ini tidak dapat ditawar-tawar lagi karena sudah diatur dalam
perundang-undangan sehingga siapapun yang ingin mengembangkan bisnis dengan
menjual sistem Franchise-nya, ia harus menyusun SOP sejak awal. Saat ditawarkan
kepada investor, SOP yang kita terapkan sudah terbukti menguntungkan, bukan SOP
uji coba.
Sampai disini kita sepakat bahwa SOP
sangat penting bagi kelangsungan usaha kita dikemudian hari. Khususnya untuk
mengantisipasi rapuhnya fisik kita dalam mengelola usaha dan mengantisipasi
kehhadiran investor yang setiap saat bisa membantu mengembangkan usaha. Mari kita
siapkan pembuatan SOP-nya.***
Dasar - Dasar Membuat SOP
Supaya memudahkan saat menyusun SOP, ada syarat yang
harus terpenuhi terlebih dahulu. Keempat syarat itu meliputi
- Adanya Visi & Misi Usaha
- Adanya Corporate Value
- Adanya Penataan & Pemahaman Alur Kerja (Struktur
Organisasi &Deskripsi Pekerjaan Karyawan)
- Penyederhanaan Usaha Anda
- Adanya Visi & Misi Usaha
Adalah cita-cita sekaligus sasaran (goal) perusahaan kita. Cita-cita itulah
yang akan kita komunikasikan kepada karyawan dan masyarakat agar mereka
mendukung usaha kita.
- Adanya Corporate Value
Setiap perusahaan memiliki nilai-nilai tersendiri.
Ada perusahaan yang hanya memiliki nilai mengejar profit melulu. Ada pula
perusahaan yang menganut nilai-nilai bisnis dan sosial. Ada pula perusahaan
yang senantiasa menyumbangkan sebagian keuntungannya untuk memberi beasiswa
kepada anak didik kurang mampu. Ada perusahaan yang ingin menyejahterakan para
karyawannya.
Itulah
yang disebut corporate value. Nilai-nilai
yang dianut perusahaan ditanamkan oleh para pemilik atau pendiri perusahaan dan
diaktualisasikan dalam setiap tindakan karyawan dalam mengelola perusahaan.
- Adanya Penataan & Pemahaman Alur Kerja (Stuktur Organisasi & deskripsi Pekerjaan)
Fungsi stuktur organisasi adalah menata posisi karyawan
anda sesuai bidang kompetensinya. Sedangkan fungsi deskripsipekerjaan adalah
memberikan pemahaman jenis pekerjaan yang harus dilakukan si karyawan selama
bekerja di perusahaan Anda. Maka jika diantara 2 fungsi itu tidak ada pasti
tidak tertata dan alur kerjanya ambruadul.
Banyak pengusaha
konvensional yang tidak memiliki struktur organisasi dan deskripsi pekerjaan,
entah karena tidak sempat atau karena malas membuatnya.
Padahal
stuktur organisasi dan deskripsi pekerjaan itulah yang menentukan apakah
karyawan kita bekerja secara optimal atau tidak. Jika kita hanya mengandalkan
perintah untuk membuat karyawan bekerja, maka saat kita sakit keras selama
beberapa waktu, bisa dipastikan usaha kita bisa turun produktivitasnya.
- Penyederhanaan Usaha Anda
Pembuatan SOP jika pemiliknya mau memenuhi syarat,
yakni memisah-misahkan usahanya berdasarkan bidang usaha. Jika dicampur aduk,
percayalah itu ibarat nasi yang di campur gamplek dan sagu. Bagaimana rasanya?
Yang jelas, rasanya tidak selezat jika dimasak sendiri(bukandicampuraduk) kan?.
Cara paling mudah
adalah memilah-milah usaha berdasarkan jenis dan karakteristik bisnisnya. Contohnya
usaha rental mobil tidak bisa dijadikan satu dengan properti karena jenisnya
berbeda, cara pengelolaannya juga beda.
Tujuh SOP Wajib
Tujuh SOP Wajib
1. Produksi
dan Distribusi
2. Pemasaran:
Promosi dan Penjualan
3. Akuntansi,
Keuangan, & Pajak
4. SDM
& Pengembanganya
5. Pelayanan
& Pengelolaan Pelanggan
6. Operasional
Usaha
7. Pembukaan
& Penutupan Usaha
SOP
Produksi & Distribusi
Setiap perusahaan memiliki lini produksi dan
disrtibusi. Dua hal ini dijadi satukan pembahasan berkaitan erat. Bidang
produksi meliputi pembuatan produk. Bidang disrtibusi meliputi pengantaran
barang (produk) dari satu tempat ke tempat lain.
TATA
CARA ATAU PROSEDUR KERJA APA SAJA YANG TERMASUK BIDANG PRODUKSI?
1. Proses
mendapatkan bahan baku
2. Proses
mengelolah bahan baku menjadi produk siap jadi
3. Proses
pengemasan barang yang dibeli dalam bentuk curah menjadi produk dalam kemasan
4. Proses
pengaplikasian sebuah produk
5. Proses
menghasilkan sebuah jasa tertentu
SOP
Pemasaran: Promosi & Penjualan
Setiap usaha pasti harus memasarkan produknya.
Kebanyakan dari kita hanya terjebak pada cara-cara menjual. Padahal penjualan
itu selalu diawali dengan stategi promosi yang efektif. Pemasaran yang efektif
adalah stategi promosi yang menghasilkan penjualan sesuai dengan upaya yang
dikeluarkan. Perusahaan-perusahaan besar mengelompokan bagian ini menjadi satu bagian
besar, yakni pemasaran. Jadi, pemasaran itu sangat luas artinya.
TATA
CARA ATAU PROSEDUR KERJA APA SAJAYANG TERMASUK BIDANG PEMASARAN: PROMOSI &PENJUALAN?
1.Proses mengetahui konsumen dari produknya
2. Proses melakukan komunikasi dengan konsumen tentang keberadaan dan manfaat produk-produk
3. Proses melakukan penjualan kepada konsumen
1.Proses mengetahui konsumen dari produknya
2. Proses melakukan komunikasi dengan konsumen tentang keberadaan dan manfaat produk-produk
3. Proses melakukan penjualan kepada konsumen
SOP Akuntansi, Keuangan, &
Pajak
Pengusaha
kecil sering melalaikan dua fungsi ini yaitu, akuntansi dan pajak. Mereka itu
yang mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan arus uang keluar dan masuk (dari
hasil transaksi harian), maka akuntansi adalah proses pembukuan atau penyajian
laporannya. Sedangkan pajak berkisar tentang setoran kita kepada pemerintah.
Tiga hal ini harus di pisahkan meskipun dikelompokan menjadi satu bagian.
TATA CARA PROSEDUR KERJA APA SAJA
YANG TERMASUK BIDANG AKUNTANSI, KEUANGAN, & PAJAK?
1. Proses
transaksi harian ditempat usaha kita
2. Proses
pencatatan/pembukuan transaksi-transaksi tersebut
3. Proses
perhitungan, pelaporan, dan pembayaran pajak
Sop SDM & Pengembangannya
Bagian
ini terdiri dari dua bidang yang terpisah satu sama lain, tetapi fungsinya
berurutan. Perusahaan-perusahaan
menjadikan bidang ini menjadi satu-kesatuan yang tidak terpisahkan.
Bidang SDM meliputi proses rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengangkatan karyawan
serta pengawasan kinerja karyawan sehari-hari. Sedangkan bidang pengembangan SDM meliputi evaluasi kinerja
karyawan, re-training (pelatihan
lanjutan), promosi, dan sebagainya.
TATA CARA PROSEDUR KERJA APA SAJA
YANG TERMASUK BIDANG SDM & PENGEMBANGANNYA?
1. Proses perekrutan karyawan baru
2. Proses pelatihan karyawan
3. Proses promosi dan demosi karyawan
1. Proses perekrutan karyawan baru
2. Proses pelatihan karyawan
3. Proses promosi dan demosi karyawan
SOP
Pelayanan Konsumen & Pengelolaan Pelanggan
Adalah ujung tombak perusahaan-perusahaan besar
dalam upaya memperoleh repeat order dari
para konsumen/pelanggan. Sebagian orang menyebutnya Customer Relationship Management (CRM). Apapun namanya dan
seberapapun kecilnya usaha kita, jika ingin memiliki masa depan cerah, kita
harus berusaha sekuat tenaga untuk menyusun SOP bidang pelayanan konsumen dan
pengelolaan pelanggan.
TATA
CARA PROSEDUR KERJA APA SAJA YANG TERMASUK BIDANG PELAYANAN KONSUMEN DAN
PENGELOLAAN PELANGGAN?
1. Proses penyambutan konsumen/pelanggan yang datang ketempat usaha kita
2. Proses membantu konsumen/pelanggan memperoleh segala kebutuhannya
3. Proses membangun database pelanggan
4. Proses pengelola pelanggan
1. Proses penyambutan konsumen/pelanggan yang datang ketempat usaha kita
2. Proses membantu konsumen/pelanggan memperoleh segala kebutuhannya
3. Proses membangun database pelanggan
4. Proses pengelola pelanggan
SOP
Operasional Usaha
Adalah kegiatan –kegiatan yang dilakukan oleh
perusahaan setiap hari, setiap bulan, atau setiap tahun. Kegiatan-kegiatan ini
sudah ditentukan tanggal operasionalnya sehingga tidak saling menggangu, justru
saling mendukung.
TATA
CARA PROSEDUR KERJA APA SAJA YANG TERMASUK BIDANG OPERASIONAL USAHA?
1. Prosedur Operasional sehari-hari
2. Prosedur Penanganan Komplain
3. Prosedur Pengawasan Usaha
4. Prosedur Evaluasi Usaha
5. Prosedur Pengurusan Legatitas Usaha
6. Prosedur Pengamanan Tempat Usaha
1. Prosedur Operasional sehari-hari
2. Prosedur Penanganan Komplain
3. Prosedur Pengawasan Usaha
4. Prosedur Evaluasi Usaha
5. Prosedur Pengurusan Legatitas Usaha
6. Prosedur Pengamanan Tempat Usaha
SOP
Pembukaan & Penutupan Usaha
Yang dimaksud pembukaan usaha adalah prosedur yang
kita lakukan saat akan membuka usaha baru yang sejenis di kota lain. Sedangkan
yang dimaksud penutupan usaha adalah prosedur yang harus kita lakukan untuk
menutup usaha tersebut jika bangkrut. SOP ini akan mempermudah kita saat ingin
membuka usaha sekaligus menghindarkan kita dari masalah atau sengketa jika kita
menutup usaha.
TATA
CARA ATAU PROSEDUR KERJA APA SAJA YANG TERMASUK BIDANG PEMBUKAAN DAN PENUTUPAN
USAHA?
1. Prosedur perencanaan pembukaan usaha baru
2. Prosedur realisasi rencana pembukaan usaha baru
3. Prosedur pengelolaan risiko pada usaha yang sudah berjalan
4. Prosedur penutupan usaha & pemberesan
1. Prosedur perencanaan pembukaan usaha baru
2. Prosedur realisasi rencana pembukaan usaha baru
3. Prosedur pengelolaan risiko pada usaha yang sudah berjalan
4. Prosedur penutupan usaha & pemberesan
CARA MUDAH MENYUSUN
SOP
Tidak ada rumusan baku untuk menyusun SOP. Kita bisa menyusun SOP semaunya. Yang penting,SOP itu harus bisa menyederhanakan proses kerja, mampu meningkatkan efisiensi,memudahkan pengembangan usaha dan yang lebihpenting, cocok untuk di terapkan di usaha anda.
Tidak ada rumusan baku untuk menyusun SOP. Kita bisa menyusun SOP semaunya. Yang penting,SOP itu harus bisa menyederhanakan proses kerja, mampu meningkatkan efisiensi,memudahkan pengembangan usaha dan yang lebihpenting, cocok untuk di terapkan di usaha anda.
- 3 TAHAP PENYUSUNAN SOP
Menyusun
SOP itu sangat mudah karena hanya melalui 3 tahap saja yaitu.
1. Menentukan jenis pekerjaan dan alur kerjanya.
2. Menggambarkan dalam bentuk bagan.
3.menuliskan dalam bentuk uraian.
1. Menentukan jenis pekerjaan dan alur kerjanya.
2. Menggambarkan dalam bentuk bagan.
3.menuliskan dalam bentuk uraian.
- Trik menyusun SOP produksi & distribusi
Alur kerjanya:
1.Ayam di cuci bersih
2.Ayam di rendam dalam larutan bumbu.
3Ayam di goring.
4.Ayam goring ditiriskan.
5.Ayam goring siap saji.
- Trik Menyusun SOP pemasaran: promosi & penjualan
Menentukan jenis pekerjaan & alur kerjanya
jenis pekrejaan: membuat sarana promosi brosur.
Alur kerjanya:
1. Menetapkan materi promo yang akan di masukan brosur.
2, Medesain brosur.
3. Meminta persetujuan atasan/principa
4. Mencetak brosur.
5. Menyebarkan brosur.
- Trik Menyusun SOP Akutansi, keuangan & pajak.
Menentukan jenis pekerjaan &alur kerjanya.
jenis pekerjaan: transaksi antara kasir dengan konsumen/pelanggan.
Alur kerjanya:
1. Konsumen/pelanggan mendatangi kasir untuk membayar transaksi.
2. Kasir menghitung biaya yang harus di bayar konsumen/pelanggan berdasarkan nota order.
3. Kasir memberitahukan nilai yang harus di bayarkan kepada konsumen/pelanggan.
4. Konsumen/pelanggan membayar dengan uang tunai dan kasir menerima.
5. Kasir membubuhkan cap lunas pada nota danmenyerahkan nota kepada konsumen/pelanggan.
Trik Menyusun SOP SDM & Pengembangannya
saya akan mengambil satu contohpekerjaan saja, misalnya melakukan eavaluasi kinerja karyawan secara berkala.
Menentukan jenis pekerjaan & Alur kerjanya
Jenis pekerjaan: Melakukan evaluasi kinerja karywan secara berkala.
Alur kerjanya:
1. Pemimpi mengumpulakn data track record karyawan selama periode evaluasi berjalan.
2. Pemimpin melakukan penilaian kerja dan membuat resume penilaian.
3. Berdasarkan resume penilain kinerja, pemimpin memanggil satu per satu karyawan untuk di beri pengarahan. Karyawan yang berprestasi diberikan penghargaan (reward), sedangkan karyawan yang berprestasi buruk akan di beri sanksi (punishment).
4. Pemimpin mengarsipkan data penilaian kinerja karyawan.
Trik Menyusun SOP Pelayanan & pengelolaan pelanggan
saya akan mengambil satu contoh pekerjaan saja, misalnya menyusun database pelanggan dan mengelola database pelanggan
Menentukan jenis pekerjaan & alur kerjanya
jenis pekerjaan: Menyusun database pelanggan dan mengelola database pelanggan.
Alur kerjanya:
1. Costumer service meminta pelanggan untuk mengisi formulir identitas pelanggan.
2. Costumer service melakukan input data pelanggan ke dalam komputer dan mengarsipkan formulir isian ke lemari arsip.
3. Costumer service melakukan komunikasi secara berkala kepada para pelanggan.
4. Costumer service menyelenggarakan acara (event) khusus untuk para pelanggan.
Trik Menyusun SOP Operasional usaha
saya akan mengambil satu contoh pekerajaan saja, misalnya melakukan kerja lembur.
menentukan jenis pekerjaan & alur kerjanya
Jenis pekerjaan: Melakukan kerja lembur
Alur kerjanya:
1. Karyawan mengisi formulir kerja lembur.
2. Karyawan meminta persetujuan atasan.
3. Karyawan serahkan satu lembar ijin kerja lembur kepada security.
4. Selesai kerja lembur, karyawan meminta tanda tangan security.
5. Karyawan serahkan formulir kerja lembur ke bagian SDM.
Trik Menyusun SOP pembukuan & penutupan usaha
saya akan mengambil satu contoh pekerjaan saja, misalnya melakukan grand opening.
Menentukan jenis pekerjaan & Alur kerjanya
Jenis pekerjaan: melakukan grand opening
Alur kerjanya:
1. KIrim undangan kepada supplier, mitra kerja, calon konsumen, media masa.
2. Siapkan tempat usaha sebagai lokasi grand opening.
3. Sewa peralatan & perlengkapan pesta.
4. Selenggarakan acara grand opening.
5. Bereskan peralatan & perlengkapan grand opening, siapkan operasional.
Kesimpulan.
1.Jenis pekerjaan harus di temukan/di kenali terlebih dahulu. Jika anda sudah memiliki struktur organisasi dan deskripsi pekerjaan, itu akan sangat membantu menemukan jenis-jenis pekerjaan yang akan di buat SOP-nya.
2. Alur kerja di buat untuk mempermudah membuat bagan. Setelah menemukan atau mengenali jenis pekerjaan , coba bayangkan alur kerjanya
3. Bagan di buat sesimpel mungkin. Ada urutan langkah dan tanda panah sebagai pemandu langkah.
4. Tahapan/langkah di buat sangat simpel dan mudah di pahami.
5. Pekerjaan yang satu dengan pekerjaan yang lain berurutan , saling berkaitan, dan tidak berdiri sendiri jika anda menyusun sebuah system, pekerjaan-pekerjaan yang ada dalam usaha anda bukanlah pekerjaan yang terpisah-pisah, melainkan hanya terbagi-bagi sesuai kelompoknya.
APLIKASI SOP
Tahapan selanjutnya setelah berhasil menyusun SOP adalah mengaplikasikan SOP tersebut pada para karyawan. Yang harus anda catat: sebagus apapun SOP-nya jika aplikasi atau penerapannya tidak optimal,hasilnya pun payah.usaha anda tidak akan maju. Coba perhatika segitiga emas SOP di bawah ini:
ketika kita berhasil menyusun SOP, ternyata kita baru melangkah pada tahapan pertama saja. Masih ada tahapan ke dua dan tahapan ke tiga. Yakni aplikasi/penerapan SOP dan revisi/penyempurnaan SOP. Tanpa revisi /penyempurnaan , SOP tidak akan mampu menyeimbangi di namika usaha kita. Jadi jangan gembira dulu kalau sudah berhasil menyusun SOP. Masih ada jalan panjang yang harus kita lalui supaya SOP itu berhasil menunjang kemajuan atau perkembanan perusahaan.
Enam cara Aplikasi SOP
aplikasi SOP dapat dilakukan melealui enam car berikut ini:
1. Training dasar.
2. Trining tingkat lanjut
3. Briefing berkala.
4. Evaluasi berkala
5. Sanksi bagi pelanggar SOP
6. Reward bagi pelaksanaan SOP
Mari kita pelajari satu per satu cara tersebut
Training Dasar
Training Dasar adalah training yang di lakukan pertama kali untuk karyawan baru. Sebelum bekerja untuk pertama kali, anda seahrusnya memberikan training dasar training ini sifatnya indoktrinasi untuk mencuci otak karyawan baru agar mampu bekerja dengan cara kita (bukan cara si karyawan atau cara yang di jarka di tempat kerja yang lama).
Training dasar bertujuan agar si karyawan baru dapat melekukan pekerjaan yang di bebankan kepadanya secara cepat dan tepat.
Training dasar adalah kelanjutan proses pnerimaan karyawan dan merupakan bagian dari masa percobaan.
Training dasar yang harus anda berikan pertama kali kepada karyawan anda:
1. Penjelasan umum tentang perusahaan anda
2. Visi dan misi perusahaan anda
3. Struktur organisasi perusahaan anda (khususnya posisi karyawan baru dan hubungan dengan posisi-posisi lainnya)
4, deskripsi pekerjaan karyawan anda (khususnya daskripsi pekerjaan karyawan yang baru dan hubungannya dengan deskripsi pekerjaan karyawan baru
5. Peraturan-peraturan perusahaan bagi karyawan baru.
6. SOP bagi karyawan baru tersebut (sesuai jabatannya)
bagaimana cara memberikan materi SOP saat training dasar?
anda harus terlebih dahulu menjelaskan visi dan misi perusahaan. Tujuannyaa adalah agar si karyawamn paham ke man I harus membawa pwerusahaan anda.
Berapa lama training dasar di selenggarakan ?
penjelasan yang sifatnya teoritis cukup di berikan beberapa jam saja.
berapa lama waktu yang dibutuhkan praktik? Antara 1-4 minggu. Jangan terlalu lama. Cntoh: dalam waktu seminggu, karyawan kita harus mahir menggreng ayam seperti yang tertulis di SOP-nya.
Apakah penyebab kegagalan training dasar?
penebabnya adalah mental karyawan baru. Tidk semua orang cetap beradaptasi atau mampu mengubah kebiasaannya dengan ceoat. Contoh: orang yang tidak bisa bekerja cekatan, saat di tuntut untuk bekerja cekatan justru melakukan kecerobohan.oleh karena itu,saran terbaik adalah seleksilah calon karyawan anda dengan baik , jangan samapai anda membuang-buang waktu memberikan training dasar kepada karyawan yang tidak berkompeten.
Training Tingkat Lanjut
Training tingkat lanjut adalah training yangdi lakukan sebagai kelanjutan training dasar untuk meningkatkan keterampilan kerja karyawan.
training tingkat lantjut bertujuan agar si karyawan dapat meningkatkan profesionalisme kerja berdasarkan SOP, sehingga makin mendekati gambaran ideal kita.
kapan training tingkat lanjut harus di lakukan?
Training tingkat lanjut adalah training dasar dan merupakan bagian dari dinamika uasaha anda. Jadi setelah karyawan di nyatakan lolos masa percobaan, keterampilan karyawan harus segera di tingkatkan melalui training tingkat lanjut.
apa saja materi training tingkat lanjut itu?
Training tingkat lanjut berisi materi-materi pedalaman terhadap materi-materi training tingkat dasar dan materi-materi pengembangan usaha.
contoh materi yang sifatnya pendalaman materi training dasar adalah peningkatan keterampilan atau kemahiran karyawan sesuai SOP atau SOP yang di revisi/disempurnakan dan berkaitan dengan tercapainya visi dan misi perusahaan. Selain materi-materi yang sudah saya ungkapkan,anda bisa memberikan materi training tingkat lanjut sendiri sesuai kebutuhan usaha anda.
bagaimana cara memberikan materi saat training tingkat lanjut?
karyawan yang mengikuti training tingat lanjut bukanlah karyawan yang harus di indoktrinasikan seperti karyawan baru yang mengikuti training dasar. Cara terbaik adalah menggunakan system training terbuka. Kita memberikan umpan, biarkan si karyawan berlomba-lomba memakan umpannya.
Bagaimana urutan memberikan materinya?
yang pertama anda berikan adalah tujuan (sasaran/goal) perusahaan biarkan si karyawan memahami dulu tujuan kita. Setelah karyawan sadar dengan tujuan kita, bawalah mereka masuk materi inti. Misalnya peningkatan kinerja berdasarkan SOP terbaru atau justru mereka harus proaktif memperbaiki SOP lama.
Berapa lama training tingkat lanjut diselenggarakan?
training bukanlah sekolah yang memakan waktu lama plus biaya banyak. Training jenis ini biasanya di selenggarakan di luar kantor/tempat usaha anda. Tujuannya agar karyawan mengikuti merasa fresh lahir batin.
apa penyebab kegagalan training tingkat lanjut?
banyak karyawan yang enggan mengikuti training tingkat lanjut karena menganggap tidak ada gunanya mengikuti training itu. Oleh sebab itu, banyak karyawan yang mengikuti training tingkat lanjut untuk bertamasya atau berbelanja. Bagaimana mungkin training seperti ini berhasil jika ada di otak karyawan kita adalah bertamsya atau berbelanja.
saya akan mengambil satu contohpekerjaan saja, misalnya melakukan eavaluasi kinerja karyawan secara berkala.
Menentukan jenis pekerjaan & Alur kerjanya
Jenis pekerjaan: Melakukan evaluasi kinerja karywan secara berkala.
Alur kerjanya:
1. Pemimpi mengumpulakn data track record karyawan selama periode evaluasi berjalan.
2. Pemimpin melakukan penilaian kerja dan membuat resume penilaian.
3. Berdasarkan resume penilain kinerja, pemimpin memanggil satu per satu karyawan untuk di beri pengarahan. Karyawan yang berprestasi diberikan penghargaan (reward), sedangkan karyawan yang berprestasi buruk akan di beri sanksi (punishment).
4. Pemimpin mengarsipkan data penilaian kinerja karyawan.
Trik Menyusun SOP Pelayanan & pengelolaan pelanggan
saya akan mengambil satu contoh pekerjaan saja, misalnya menyusun database pelanggan dan mengelola database pelanggan
Menentukan jenis pekerjaan & alur kerjanya
jenis pekerjaan: Menyusun database pelanggan dan mengelola database pelanggan.
Alur kerjanya:
1. Costumer service meminta pelanggan untuk mengisi formulir identitas pelanggan.
2. Costumer service melakukan input data pelanggan ke dalam komputer dan mengarsipkan formulir isian ke lemari arsip.
3. Costumer service melakukan komunikasi secara berkala kepada para pelanggan.
4. Costumer service menyelenggarakan acara (event) khusus untuk para pelanggan.
Trik Menyusun SOP Operasional usaha
saya akan mengambil satu contoh pekerajaan saja, misalnya melakukan kerja lembur.
menentukan jenis pekerjaan & alur kerjanya
Jenis pekerjaan: Melakukan kerja lembur
Alur kerjanya:
1. Karyawan mengisi formulir kerja lembur.
2. Karyawan meminta persetujuan atasan.
3. Karyawan serahkan satu lembar ijin kerja lembur kepada security.
4. Selesai kerja lembur, karyawan meminta tanda tangan security.
5. Karyawan serahkan formulir kerja lembur ke bagian SDM.
Trik Menyusun SOP pembukuan & penutupan usaha
saya akan mengambil satu contoh pekerjaan saja, misalnya melakukan grand opening.
Menentukan jenis pekerjaan & Alur kerjanya
Jenis pekerjaan: melakukan grand opening
Alur kerjanya:
1. KIrim undangan kepada supplier, mitra kerja, calon konsumen, media masa.
2. Siapkan tempat usaha sebagai lokasi grand opening.
3. Sewa peralatan & perlengkapan pesta.
4. Selenggarakan acara grand opening.
5. Bereskan peralatan & perlengkapan grand opening, siapkan operasional.
Kesimpulan.
1.Jenis pekerjaan harus di temukan/di kenali terlebih dahulu. Jika anda sudah memiliki struktur organisasi dan deskripsi pekerjaan, itu akan sangat membantu menemukan jenis-jenis pekerjaan yang akan di buat SOP-nya.
2. Alur kerja di buat untuk mempermudah membuat bagan. Setelah menemukan atau mengenali jenis pekerjaan , coba bayangkan alur kerjanya
3. Bagan di buat sesimpel mungkin. Ada urutan langkah dan tanda panah sebagai pemandu langkah.
4. Tahapan/langkah di buat sangat simpel dan mudah di pahami.
5. Pekerjaan yang satu dengan pekerjaan yang lain berurutan , saling berkaitan, dan tidak berdiri sendiri jika anda menyusun sebuah system, pekerjaan-pekerjaan yang ada dalam usaha anda bukanlah pekerjaan yang terpisah-pisah, melainkan hanya terbagi-bagi sesuai kelompoknya.
APLIKASI SOP
Tahapan selanjutnya setelah berhasil menyusun SOP adalah mengaplikasikan SOP tersebut pada para karyawan. Yang harus anda catat: sebagus apapun SOP-nya jika aplikasi atau penerapannya tidak optimal,hasilnya pun payah.usaha anda tidak akan maju. Coba perhatika segitiga emas SOP di bawah ini:
ketika kita berhasil menyusun SOP, ternyata kita baru melangkah pada tahapan pertama saja. Masih ada tahapan ke dua dan tahapan ke tiga. Yakni aplikasi/penerapan SOP dan revisi/penyempurnaan SOP. Tanpa revisi /penyempurnaan , SOP tidak akan mampu menyeimbangi di namika usaha kita. Jadi jangan gembira dulu kalau sudah berhasil menyusun SOP. Masih ada jalan panjang yang harus kita lalui supaya SOP itu berhasil menunjang kemajuan atau perkembanan perusahaan.
Enam cara Aplikasi SOP
aplikasi SOP dapat dilakukan melealui enam car berikut ini:
1. Training dasar.
2. Trining tingkat lanjut
3. Briefing berkala.
4. Evaluasi berkala
5. Sanksi bagi pelanggar SOP
6. Reward bagi pelaksanaan SOP
Mari kita pelajari satu per satu cara tersebut
Training Dasar
Training Dasar adalah training yang di lakukan pertama kali untuk karyawan baru. Sebelum bekerja untuk pertama kali, anda seahrusnya memberikan training dasar training ini sifatnya indoktrinasi untuk mencuci otak karyawan baru agar mampu bekerja dengan cara kita (bukan cara si karyawan atau cara yang di jarka di tempat kerja yang lama).
Training dasar bertujuan agar si karyawan baru dapat melekukan pekerjaan yang di bebankan kepadanya secara cepat dan tepat.
Training dasar adalah kelanjutan proses pnerimaan karyawan dan merupakan bagian dari masa percobaan.
Training dasar yang harus anda berikan pertama kali kepada karyawan anda:
1. Penjelasan umum tentang perusahaan anda
2. Visi dan misi perusahaan anda
3. Struktur organisasi perusahaan anda (khususnya posisi karyawan baru dan hubungan dengan posisi-posisi lainnya)
4, deskripsi pekerjaan karyawan anda (khususnya daskripsi pekerjaan karyawan yang baru dan hubungannya dengan deskripsi pekerjaan karyawan baru
5. Peraturan-peraturan perusahaan bagi karyawan baru.
6. SOP bagi karyawan baru tersebut (sesuai jabatannya)
bagaimana cara memberikan materi SOP saat training dasar?
anda harus terlebih dahulu menjelaskan visi dan misi perusahaan. Tujuannyaa adalah agar si karyawamn paham ke man I harus membawa pwerusahaan anda.
Berapa lama training dasar di selenggarakan ?
penjelasan yang sifatnya teoritis cukup di berikan beberapa jam saja.
berapa lama waktu yang dibutuhkan praktik? Antara 1-4 minggu. Jangan terlalu lama. Cntoh: dalam waktu seminggu, karyawan kita harus mahir menggreng ayam seperti yang tertulis di SOP-nya.
Apakah penyebab kegagalan training dasar?
penebabnya adalah mental karyawan baru. Tidk semua orang cetap beradaptasi atau mampu mengubah kebiasaannya dengan ceoat. Contoh: orang yang tidak bisa bekerja cekatan, saat di tuntut untuk bekerja cekatan justru melakukan kecerobohan.oleh karena itu,saran terbaik adalah seleksilah calon karyawan anda dengan baik , jangan samapai anda membuang-buang waktu memberikan training dasar kepada karyawan yang tidak berkompeten.
Training Tingkat Lanjut
Training tingkat lanjut adalah training yangdi lakukan sebagai kelanjutan training dasar untuk meningkatkan keterampilan kerja karyawan.
training tingkat lantjut bertujuan agar si karyawan dapat meningkatkan profesionalisme kerja berdasarkan SOP, sehingga makin mendekati gambaran ideal kita.
kapan training tingkat lanjut harus di lakukan?
Training tingkat lanjut adalah training dasar dan merupakan bagian dari dinamika uasaha anda. Jadi setelah karyawan di nyatakan lolos masa percobaan, keterampilan karyawan harus segera di tingkatkan melalui training tingkat lanjut.
apa saja materi training tingkat lanjut itu?
Training tingkat lanjut berisi materi-materi pedalaman terhadap materi-materi training tingkat dasar dan materi-materi pengembangan usaha.
contoh materi yang sifatnya pendalaman materi training dasar adalah peningkatan keterampilan atau kemahiran karyawan sesuai SOP atau SOP yang di revisi/disempurnakan dan berkaitan dengan tercapainya visi dan misi perusahaan. Selain materi-materi yang sudah saya ungkapkan,anda bisa memberikan materi training tingkat lanjut sendiri sesuai kebutuhan usaha anda.
bagaimana cara memberikan materi saat training tingkat lanjut?
karyawan yang mengikuti training tingat lanjut bukanlah karyawan yang harus di indoktrinasikan seperti karyawan baru yang mengikuti training dasar. Cara terbaik adalah menggunakan system training terbuka. Kita memberikan umpan, biarkan si karyawan berlomba-lomba memakan umpannya.
Bagaimana urutan memberikan materinya?
yang pertama anda berikan adalah tujuan (sasaran/goal) perusahaan biarkan si karyawan memahami dulu tujuan kita. Setelah karyawan sadar dengan tujuan kita, bawalah mereka masuk materi inti. Misalnya peningkatan kinerja berdasarkan SOP terbaru atau justru mereka harus proaktif memperbaiki SOP lama.
Berapa lama training tingkat lanjut diselenggarakan?
training bukanlah sekolah yang memakan waktu lama plus biaya banyak. Training jenis ini biasanya di selenggarakan di luar kantor/tempat usaha anda. Tujuannya agar karyawan mengikuti merasa fresh lahir batin.
apa penyebab kegagalan training tingkat lanjut?
banyak karyawan yang enggan mengikuti training tingkat lanjut karena menganggap tidak ada gunanya mengikuti training itu. Oleh sebab itu, banyak karyawan yang mengikuti training tingkat lanjut untuk bertamasya atau berbelanja. Bagaimana mungkin training seperti ini berhasil jika ada di otak karyawan kita adalah bertamsya atau berbelanja.
Briefing
berkala
Briefing adalah pengarahan. Setiap kita hrus memberikan pengarahan kepada karyawan untuk mengikuti SOP usaha kita. Briefing bisa di jadikan salah satu sarana sosialisasi SOP.
tujuan briefing adalah untuk memberikan pengarahan tentang kierja karyawan suapaya tetap sesuai visi dan misi perusahaan, dalam kaitanya dengan SOP, briefing bertujuan meningkatkan karyawan agar menerapkan SOP dalam melakukan pekerjaan-pekerjaannya. Briefing jg bertujuan untuk mencuci otak karyawan supaya berpikirnya sesuai dengan cara berpikir kita, sehingga ia mudah sekali menerapkan SOP dalam pekerjaannya. Jika SOP kita sudah tertanam di pikiran bawah sadar karyawan, maka otomatis karyawan akan bekerja dan bertindak sesuai SOP tanpa kita beri arahan lagi.
kapan briefing dilakukan?
pada perusahaan-perusahaan besar, briefing di lakukan setiap pagi sebelum karyawan bekerja dan setiap sore atau malam hari sebelum karyawan pulang. Briefing pagi berfungsi untuk membahas rencana kerja pada hari itu dan target-target yang ingin di capai, sedangkan briefing sore/malam untuk melakukan evaluasi kinerja pada hari itu dan pencapaian target.
apa saja materi briefing?
Pada briefing pagi, ingatkan karyawan untuk menaati SOP dan bekerja sesuai dengan SOP. Ingatkan mereka tentang visi dan misi perusahaan serta pencapaiannya berkat karyawan yang berperan aktif melaksanakan SOP setiap saat.
Berapa lama briefing dilakukan?
briefing di lakukan secara bervariasi, tergantung kebutuhan. Ada yang cukup melakukan briefing selama 10 menit, tetapi ada pula yang harus melakukan briefing sampai 1 jam.
Apakah penyebab briefing gagal di lakukan?
1. Pemimpin dan karyawan sama-sama tidak disiplin sehingga briefing terkadang dilakukan, tapi terkadantg tidak.
2. Pemimpin terlalu percaya diri dengan kemampuannya sehingga merasa tidak perlu melakukan briefing, karyawawn hanya mengikuti.
3. Karyawan merasa tidak perlu mengikuti briefing karena tidak ada manfaat yang diperoleh dari briefing.
Evaluasi berkala
Evaluasi berkala bukanlah evaluasi harian yang kita lakukan saat briefing. Yang di maksud evaluasi berkala adalah evaluasi SOP usaha kita selama periode tertentu.
apakah tujuan evaluasi berkala?
tujuannya adalah mengetahui efektivitas dan efisien di perusahaan kita sejak berakunya SOP selama periode tertentu, SOP yang tidak dinamis bisa merugikan perusahaan dalam jangka panjang. Sedangkan SOP yang terlalu dinamis justru dapat membingungkan karyawan.
kapan evaluasi berkala di lakukan?
evaluasi SOP dilakukan usaha anda. Dinamika usaha anda tentu di pengaruhi oleh jenis usaha anda. Bagii anda yang memilih jenis usaha di bidang makanan dan minuman, dinamikanya tentunya sangat tinggi.
apa saja materi evaluasi berkala?
1. Evaluasi perkembangan usaha anda
2. Rencana-rencana perkembangan usaha anda
3, pengembangan SOP sesuai rencana pengembangan usaha anda
apa penyebab kegagalan evaluasi berkala?
sebagai, pegusaha kita sering terjebak dalam kesibukan kita.kalupun tidak terjjebak dalam zona kenyamanan. Dua hal ini adalah racun paling mematikan bagi kita dan usaha kita. Oleh karena itu,SOP di buat supaya usaha kita terhindar dari resiko tersebut.
Sanksi Bagi Pelanggar SOP
Salah satu jawabannya adalah adanya sanaki (punishment) yang tegas bagi pelanggar SOP. Untuk apa aturan yang tidak ada sanksinya? SOP juga harus memiiki sanksi yang tegas dan di terapkan secara tegas.
kettegasan kita dalam memberikan sanksi, adalah titik total menuju kemajuan usaha kita! Berikan sanksi yang pantas dan pastikan karyawan lain mengetahuinya agar karyawan mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.
bagaimana cara agar kita tidak semena-mena memberikan sanksi kepada karyawan ?
kita juga harus mengatur memerikan sanksi, jenis pelanggaran dan jenis sanksi yang di berikan dalam SOP.ketentuan ini biasanya termasuk SOP bidang SDM & pengembangannya. Jika ketentuannya jelas, kita tidak akan di salahkan oleh siapapun ketika memberikan sanksi yang tegas kepada karyawan. Bahkan mungkin kaaryawan lain justu akan angkat jempol kepada kita yang mampu menegakan SOP demi kepentingan yang lebih besar, yakni pengembangan usaha dan menyelamatkan harkat hidup karyawan yang lain.
Briefing adalah pengarahan. Setiap kita hrus memberikan pengarahan kepada karyawan untuk mengikuti SOP usaha kita. Briefing bisa di jadikan salah satu sarana sosialisasi SOP.
tujuan briefing adalah untuk memberikan pengarahan tentang kierja karyawan suapaya tetap sesuai visi dan misi perusahaan, dalam kaitanya dengan SOP, briefing bertujuan meningkatkan karyawan agar menerapkan SOP dalam melakukan pekerjaan-pekerjaannya. Briefing jg bertujuan untuk mencuci otak karyawan supaya berpikirnya sesuai dengan cara berpikir kita, sehingga ia mudah sekali menerapkan SOP dalam pekerjaannya. Jika SOP kita sudah tertanam di pikiran bawah sadar karyawan, maka otomatis karyawan akan bekerja dan bertindak sesuai SOP tanpa kita beri arahan lagi.
kapan briefing dilakukan?
pada perusahaan-perusahaan besar, briefing di lakukan setiap pagi sebelum karyawan bekerja dan setiap sore atau malam hari sebelum karyawan pulang. Briefing pagi berfungsi untuk membahas rencana kerja pada hari itu dan target-target yang ingin di capai, sedangkan briefing sore/malam untuk melakukan evaluasi kinerja pada hari itu dan pencapaian target.
apa saja materi briefing?
Pada briefing pagi, ingatkan karyawan untuk menaati SOP dan bekerja sesuai dengan SOP. Ingatkan mereka tentang visi dan misi perusahaan serta pencapaiannya berkat karyawan yang berperan aktif melaksanakan SOP setiap saat.
Berapa lama briefing dilakukan?
briefing di lakukan secara bervariasi, tergantung kebutuhan. Ada yang cukup melakukan briefing selama 10 menit, tetapi ada pula yang harus melakukan briefing sampai 1 jam.
Apakah penyebab briefing gagal di lakukan?
1. Pemimpin dan karyawan sama-sama tidak disiplin sehingga briefing terkadang dilakukan, tapi terkadantg tidak.
2. Pemimpin terlalu percaya diri dengan kemampuannya sehingga merasa tidak perlu melakukan briefing, karyawawn hanya mengikuti.
3. Karyawan merasa tidak perlu mengikuti briefing karena tidak ada manfaat yang diperoleh dari briefing.
Evaluasi berkala
Evaluasi berkala bukanlah evaluasi harian yang kita lakukan saat briefing. Yang di maksud evaluasi berkala adalah evaluasi SOP usaha kita selama periode tertentu.
apakah tujuan evaluasi berkala?
tujuannya adalah mengetahui efektivitas dan efisien di perusahaan kita sejak berakunya SOP selama periode tertentu, SOP yang tidak dinamis bisa merugikan perusahaan dalam jangka panjang. Sedangkan SOP yang terlalu dinamis justru dapat membingungkan karyawan.
kapan evaluasi berkala di lakukan?
evaluasi SOP dilakukan usaha anda. Dinamika usaha anda tentu di pengaruhi oleh jenis usaha anda. Bagii anda yang memilih jenis usaha di bidang makanan dan minuman, dinamikanya tentunya sangat tinggi.
apa saja materi evaluasi berkala?
1. Evaluasi perkembangan usaha anda
2. Rencana-rencana perkembangan usaha anda
3, pengembangan SOP sesuai rencana pengembangan usaha anda
apa penyebab kegagalan evaluasi berkala?
sebagai, pegusaha kita sering terjebak dalam kesibukan kita.kalupun tidak terjjebak dalam zona kenyamanan. Dua hal ini adalah racun paling mematikan bagi kita dan usaha kita. Oleh karena itu,SOP di buat supaya usaha kita terhindar dari resiko tersebut.
Sanksi Bagi Pelanggar SOP
Salah satu jawabannya adalah adanya sanaki (punishment) yang tegas bagi pelanggar SOP. Untuk apa aturan yang tidak ada sanksinya? SOP juga harus memiiki sanksi yang tegas dan di terapkan secara tegas.
kettegasan kita dalam memberikan sanksi, adalah titik total menuju kemajuan usaha kita! Berikan sanksi yang pantas dan pastikan karyawan lain mengetahuinya agar karyawan mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.
bagaimana cara agar kita tidak semena-mena memberikan sanksi kepada karyawan ?
kita juga harus mengatur memerikan sanksi, jenis pelanggaran dan jenis sanksi yang di berikan dalam SOP.ketentuan ini biasanya termasuk SOP bidang SDM & pengembangannya. Jika ketentuannya jelas, kita tidak akan di salahkan oleh siapapun ketika memberikan sanksi yang tegas kepada karyawan. Bahkan mungkin kaaryawan lain justu akan angkat jempol kepada kita yang mampu menegakan SOP demi kepentingan yang lebih besar, yakni pengembangan usaha dan menyelamatkan harkat hidup karyawan yang lain.
Reward
bagi pelaksanaan SOP
salah satu jawabannya adalah pemberian penghargaan (reward) yang pantas kepada karyawan yang telah melaksanakan SOP dengan baik sehingga kinerja perusahaan meningkat dari waktu ke waktu.mari kita tanyakan kepada diri kita.selama ini, beberapabanyak atau beberapa sering kita memberi penghargaan kepada karyawan yang merasa puas bekerja bersama kita? Salama ini karyawan potensial yang mengundurkan diri dari perusahaan kita karena berbagi alas an ketidakpuasan? Jika menuntut karyawan untuk menaati SOP dan bekerja berdasrkan SOP, maka saat mereka sudah melaksanakan perintah kita itu, mereka berhak atas penghargaan (Reward) dari kita.
bagaimana cara supaya kita tidak pilih kasih dalam memberikan penghargaan kepada karyawan?
kita harus menatur berbagai jenis penghargaan yang bisa kita berikan kepada karyawan. Kita juga harus mengatur pekerjaan seperti apa yang prestasinya patut mendapat penghargaan dari perusahaan.
sampai di sini, anda sudah memahami cara aplikasi SOP.tentu saja cara-cara aplikasi yang saya ungkapkan di sini adalah versi saya dan saya peruntukan secara umum. Khusus ubtuk usaha anda,nubgkin di perlukan cara aplikasi yang sangat spesifik yangmungkin tidak terganbarkan.
Sumber:
http://ahlipresentasi.com/bagaimana-cara-membuat-dan-menyusun-sop-yang-baik/
http://www.hrd-forum.com/kumpulan-sop-langkah-langkah-penyusunan-sop/
salah satu jawabannya adalah pemberian penghargaan (reward) yang pantas kepada karyawan yang telah melaksanakan SOP dengan baik sehingga kinerja perusahaan meningkat dari waktu ke waktu.mari kita tanyakan kepada diri kita.selama ini, beberapabanyak atau beberapa sering kita memberi penghargaan kepada karyawan yang merasa puas bekerja bersama kita? Salama ini karyawan potensial yang mengundurkan diri dari perusahaan kita karena berbagi alas an ketidakpuasan? Jika menuntut karyawan untuk menaati SOP dan bekerja berdasrkan SOP, maka saat mereka sudah melaksanakan perintah kita itu, mereka berhak atas penghargaan (Reward) dari kita.
bagaimana cara supaya kita tidak pilih kasih dalam memberikan penghargaan kepada karyawan?
kita harus menatur berbagai jenis penghargaan yang bisa kita berikan kepada karyawan. Kita juga harus mengatur pekerjaan seperti apa yang prestasinya patut mendapat penghargaan dari perusahaan.
sampai di sini, anda sudah memahami cara aplikasi SOP.tentu saja cara-cara aplikasi yang saya ungkapkan di sini adalah versi saya dan saya peruntukan secara umum. Khusus ubtuk usaha anda,nubgkin di perlukan cara aplikasi yang sangat spesifik yangmungkin tidak terganbarkan.
Sumber:
http://ahlipresentasi.com/bagaimana-cara-membuat-dan-menyusun-sop-yang-baik/
http://www.hrd-forum.com/kumpulan-sop-langkah-langkah-penyusunan-sop/
Terima kasih atas ilmunya, mudah2n bermanfaat bagi saya khususnya dan jadi pahala bagi penulis...
ReplyDeleteterima kasih sharingnya. sangat bermanfaat
ReplyDeletesangat membantu, thank's gan
ReplyDeleteIlmu yang bermanfaat, terima kasih
ReplyDeleteSangat bermanfaat , terimakasih
ReplyDeleteterima kasih banyak ilmunya.. :)
ReplyDelete