Skip to main content

KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN KOMPUTER

KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN KOMPUTER 
  1. Pengertian Jaringan Komputer
                Pengertian dari Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan nota.



      Beberapa keuntungan dari jaringan komputer di antaranya adalah:
         Resource sharing (penggunaansumberdayabersama), dapat mengoptimalkan penggunaan sumberdaya. Hampir seluruh sumberdaya dapat digunakan bersama, mulai dari prosesor, memori, storage, danperipheral (printer, CD ROM Drive, dll)
         Memungkinkankolaborasiantarpengguna, melaluie-mail, newsgroup, dsb
         Memungkinkan pengendalian terpusat atas berbagai sumberdaya yang tersebar
         Memungkinkan backup atau replikasi untuk antisipasi kerusakan

Klasifikasi Jaringan Komputer
Berdasarkan luas areanya, jaringan komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
1.LAN atau LocalAreaNetwork, mencakup satu tempat tertentu(lab,ruangkantor,kampus,lokasipabrik,dsb.)
2.MAN atau MetropolitanAreaNetwork, mencakup luas satu kota
3.WAN atau WideAreaNetwork, mencakup seluruh dunia
LAN (Local Area Network)
                                
MAN (Metropolitan Area Network)


WAN (Wide Area Network)

        Klasifikasi Jaringan Komputer
  1. Internet adalah jaringan dari jaringan(network of networks). 
  2. Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. 
  3. Jika sebuah badan usaha,bisnis atau institusi mengeksposese bagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di sebut EKSTRANET. Memang biasanya tidak semua isi intranet di keluarkan kepublik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet.

INTERNET
INTRANET

EXTRANET

 


Fungsi jaringan komputer
    —  Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
  •     Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
  
  •     Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
         Berdasarkan topologi jaringan: Berdasarkan [topologi jaringan], jaringan komputer dapat dibedakan atas:
  1. Topologi bus
  2.  Topologi bintang
  3. Topologi cincin
  4. Topologi mesh
  5. Topologi pohon 
  6. Topologi linier
Klasifikasi Jaringan Komputer 
Berdasarkan Topologi Jaringan
1. Bus.
Seluruh komputer berkomunikasi melalui satu jalur yang sama, yang dipergunakan bergantian.
Keunggulan: paling murah dan mudah diimplementasikan
Kelemahan: performansi paling rendah, karena pada setiap saat bus hanya dapat melayani satu transmisi. Semakin banyak komputer yang terhubung kejaringan, akan semakin berat beban BUS sehingga performansi semakin menurun. Keamanan juga paling rendah.
2. Ring.
Terdapat jalur berupa cincin yang terhubung, dengan arah rotasi transmisi tertentu.
Keunggulan: Performansi dan keamanan lebih baik.
Kelemahan: Lebihmahal
3. Star.
Terdapat satu komputer atau hub yang berfungsi sebagai sentral, seluruh komputer dalam jaringan terhubung langsung kesentral tersebut.
Keunggulan: mudah diimplementasikan
Kelemahan: performansi hanya sedikit lebih baik dari Bus.


Transmisi Data
Macam-macam media transmisi :
A.Kabel (wired), jenis-jenisnya:
     a. Kabel pilin, terdapat dua macam yaitu UTP (unshielded twisted pair) dan STP (shielded twisted pair).
     b. Koaksial. Contoh: kabelTV
     c. Seratoptik, memiliki kapasitas paling besar
B.Nirkabel(wireless), bisa dengan
     a. Radio
     b. Microwave. Contoh: Wave LAN
     c. Infra Merah


Kabel Coaxial RG-58, KonektorBNC-T & Terminator
Topologi BUS dengan Kabel Coaxial
Twisted Pair

Standart Wiring
Crossed Wiring
Penggunaan Cross & Straight
Grid Antenna Parabolic 2,4 GHz
24dbi  Directional Antenna                         24ghz

Teknologi Wimax

Transmisi Data
  Kapasitas Transmisi Bandwidth : banyak nyabit data yang dapat ditransmisikan persatuan
  waktu, dinyatakan dalam bps (bit per second) 
 Jenis transmisi
1. Transmisi satu arah(simplex). Contoh: radio
2. Transmisi dua arah bergantian (half duplex). Contoh: HT
3. Transmisi dua arah bersamaan(full duplex). Contoh: telepon

Comments

Popular posts from this blog

Struktur Organisasi

                              STRUKTUR ORGANISASI                          PT. Keripik Singkong Buatan Emak           http://www.milanististreaming.com Pengertian dan Tugas ·          Direktur adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin Perseroan Terbatas (PT). Direktur dapat seseorang yang memiliki perusahaan tersebut atau orang profesional yang ditunjuk oleh pemilik usaha untuk menjalankan dan memimpin perseroan terbatas. Penyebutan direktur dapat bermacam-macam, yaitu dewan manager, dewan gubernur, atau dewan eksekutif. Seorang direktur atau dewan direksi dalam jumlah direktur dalam suatu perusahaan (minimal satu), yang dapat dicalonkan sebagai direktur, dan cara pemilihan direktur ditetapkan dalam anggaran dasar perusahaan. Pada umumnya direktur memiliki tugas antara lain: Memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan Memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer) Menyetujui anggaran tahunan

ZAKAT

Nisab emas-perak dan zakatnyaa Emas dan Perak wajib dizakati apabila yang bersihnya cukup satu nisab. -         Nisab emas 20 misqal, berat timbangannya 93,6 gram; zakatnya 1/40 (  2 1/2% = ½ misqal = 2,125  gr ). -           Nisab Perak 200 dirham (624 gram), zakatnya 1/40 ( 2 1/2%) = 5 dirham (15,6 gram) Sabda Rasulullah Saw : عن على بن الب قا ل ر سو ل الله صلى الله عليه و سلم ا ز اكا نت  لك ماءتا د ر هم وحا ل عليها ا لحو ل ففيها خمسه د ر ا هم و ليس عليك شي ء يعنى فا ا لز هب حتى يكو ن لك عشر و ن د ينا رافا زا  كا نت لك عشرون ز ينا را و حا ل عليها الحو ل ففيها نصف دينا ر Dari Ali bin Abu Thalib. Rasululah Saw bersabda, “apabila engkau mempunyai dua ratus dirham dan telah cukup satu tahun, maka zakatnya lima dirham, dan tidak wajib atasmu zakat emas hingga engkau mempunyai dua puluh dinar. Apabila engkau mempunyai dua puluh dirham dan telah cukup satu tahun, maka wajib zakat padanya setengah dinar,” (Riwayat Abu Dawud) Penjelasan timbangan dirham

PERAN PENTING MANAJEMEN BAGI KEHIDUPAN

A. Definisi Manajemen     Definisi Manajemen menurut kamus besar bahasa indonesia adalah Penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran atau pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan atau organisasi. http://www.milanististreaming.com B. Sejarah Manajemen   Mengenai sejarah manajemen Sebenarnya Ilmu Manajemen sama usianya dengan kehidupan manusia, karena pada dasarnya dalam kehidupan sehari-harinya kita tidak terlepas dari prinsip-prinsip Manajemen. Baik yang disadari atau yang  tidak disadari pada dasarnya manusia menggunakan prinsip-prinsip dari Manajemen. Manajemen diperlukan dalam segala bidang, bentuk dan organisasi serta tipe kegiatan, tidak hanya digunakan di suatu Perusahaan saja atau di Pemerintahan ,dimana orang-orang saling bekerja sama  untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. C. Fungsi  Adapun dibawah  ini lima fungsi manajemen yang paling penting menurut Handoko yg berasal dari klasifikasi paling awal dari f